Belum ada judul

Belum ada judul
Kamehameha

Senin, 13 Juni 2011


Iwan Fals Salat Gaib dan Konser Buat Korban Merapi

JEMBER - Musisi Iwan Fals menggelar salat gaib, yang dilanjutkan dengan doa bersama dan tahlilan di Pondok Pesantren (PP) Al-Qodiri Kabupaten Jember, Rabu (27/10/2010) malam, untuk para korban bencana alam Mentawai dan Merapi.  Salat gaib itu dipimpin pengasuh PP Al-Qodiri, KH Ahmad Muzakki Syah, yang selama ini dikenal sebagai guru spiritual Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Acara itu juga diikuti Al Zastrouw, komandan Sanggar Musik Ki Ageng Ganjur, dan  sekitar 3.000 santri pondok yang berada di Kecamatan Patrang, Jember.  Setelah menggelar salat gaib dan tahlilan, Iwan Fals bersama Ki Ageng Ganjur menggelar konser spiritual di pondok itu.

Sebelum konser dimulai, Kiai Muzakki mengajak ribuan penonton —sebagian besar fans berat Iwan, yang tergabung dalam kelompok Orang Indonesia (OI)—  untuk membaca Surat Al-Fatihah yang ditujukan bagi korban bencana alam di Mentawai dan Merapi.  Sebelum naik panggung, kepada sejumlah wartawan yang mewawancarainya, Iwan Fals mengingatkan agar seluruh pihak mengambil pelajaran dari bencana alam tersebut.

Pemerintah sudah banyak belajar dari bencana alam yang terjadi di Indonesia, kata Iwan, hendaknyapemerintah bisa serius dan sigap menghadapi bencana Mentawai dan Merapi.  “Belum lagi ketua PMI-nya Pak JK (Jusuf Kalla, Red) kan cukup gesit,” kata Iwan seraya menambahkan bahwa sejumlah elemen masyarakat juga mempunyai respons tinggi jika ada bencana.

Dalam konsernya Iwan juga mengajak para santri dan OI untuk menjaga lingkungan. Melalui lagu “Tanam SIram Tanam” penyanyi bernama asli Virgiawan Listanto itu menyuarakan manusia hendaknya menanam pohon dan tidak lupa merawatnya.  “Karena kalau kita menanam pohon, maka pohon itu akan berdoa untuk yang menanam. Kata Pak kiai, setiap helai daunnya itu bertasbih,” kata Iwan.

Iwan dan Al Zastrouw secara bersahutan menerjemahkan lagu-lagu yang dinyanyikan Iwan. “memang ini mengkaji kehidupan, ngaji kehidupan di sekitar,” kata Al Zastrouw.

Konser spiritual Iwan Fals bersama Ki Ageng Ganjur dilakukan di 100 pondok pesantren di seluruh Indonesia. Sebelum di Jember, Iwan sudah melakukan konser di Gresik dan Lumajang, dan pada Jumat (29/10/2010) akan konser di Ponpes Darussalam Blok Agung, Banyuwangi.

Konser itu untuk membangkitkan kembali ingatan masyarakat jika pondok merupakan pusat kesenian, kebudayaan dan peradapan Islam di Indonesia. “Jadi pondok itu bukan sarang teroris,” tegas Al Zastrouw, yang pernah menjadi ajudan KH Aburrahman Wahid (Gus Dur) sebelum meninggal beberapa tahun silam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar